Welcome in my Blog Keep Enjoy to read

Monday 15 April 2013

Sejarah dan Fakta Unik Seputar dunia Handphone




Bagi setiap orang saat ini, sebuah handphone bukanlah barang mewah lagi, melainkan handphone bisa dikatakan barang yang harus/mesti dibawa kemana-mana. Dizaman dahulu, handphone hanyalah sebuah alat yang berfungsi sebagai alat komunikasi saja. Tetapi, kini fungsi handphone lebih dari itu. Untuk mengenalnya lebih dekat, yuk kita bahas disini mengenai  “Sejarah dan Fakta Unik Seputar dunia Handphone”
1.     Pertama kali mobile phone di ciptakan


Siapa pertama kali menemukan handphone?? Dialah martin Cooper, pada tanggal 3 April 1973, Martin Cooper adalah seorang karyawan dari perusahaan Motorola. Berat handphone yang pertama kali diciptakannya yaitu 2kg. Setelah ditemukan, akhirnya perusahaan motorola memproduksi nya dengan biaya produksi US$ 1 Juta. Dan harga pertama kali dijual ke publik, sebuah mobile phone yaitu seharga US$ 10.000 (Rp.90jt).


2.     Apa sih jenis dan fungsi ponsel yang saat ini    beredar??

1.   Ponsel bisnis

Ponsel jenis ini ditujukan bagi seseorang yang menginginkan perangkat bisnis didalam sebuah perangkat genggam, biasanya ponsel yang telah memiliki kemampuan ini tergolong ponsel pintar (smartphone). Berbagai aplikasi bisnis terdapat dalam ponsel ini dan dapat membuat pekerjaan kantor dapat dilihat dan dikerjakan dalam sebuah ponsel.

2.      Ponsel hiburan
Ponsel jenis ini merupakan ponsel berjenis multimedia, dimana semua aktivitas yang berhubungan dengan musik, seni, foto, sosial dan lainnya dapat anda atasi dengan sebuah ponsel. Banyak Ponsel jenis ini yang memiliki variannya tersendiri, seperti ponsel musik, ponsel kamera, dan ponsel jejaring sosial.
3.      Ponsel fashion
Ponsel jenis ini lebih banyak mengandalkan tampilannya, dan dapat membuat pemiliknya sangat puas meskipun dengan fitur yang terkesan sederhana. Tetapi dibalik itu semua, sebuah ponsel fashion dapat berharga berkali-kali lipat dari harga ponsel tercanggih. Dewasa ini dapat ditemukan ponsel yang berharga lebih mahal dari harga sebuah kendaraan, bahkan lebih mahal dari harga sebuah rumah. (benarkah?? Apa buktinya??)
4.      Ponsel standart
Ponsel jenis ini diperuntukan untuk anda yang menginginkan ponsel yang simpel, fitur yang disematkan dalam ponsel ini merupakan fitur inti, tanpa teknologi baru yang disematkan.


3.       Perkembangan Jaringan Telepon Genggam

Generasi 0

Handie-talkie SCR536
Sejarah penemuan telepon seluler tidak lepas dari perkembangan radio. Awal penemuan telepon seluler dimulai pada tahun 1921 ketika Departemen Kepolisian Detroit Michigan mencoba menggunakan telepon mobil satu arah. Kemudian, pada tahun 1928 Kepolisian Detroit mulai menggunakan radio komunikasi satu arah regular pada semua mobil patroli dengan frekuensi 2 MHz. pada perkembangan selanjutnya, radio komunikasi berkembang menjadi dua arah dengan ‘’frequency modulated ‘’(FM).
Sistem telepon seluler 0-G masih menggunakan sebuah sistem radio VHF untuk menghubungkan telepon secara langsung pada PSTN landline. Kelemahan sistem ini adalah masalah pada jaringan kongesti yang kemudian memunculkan usaha-usaha untuk mengganti sistem ini.
Generasi 0 diakhiri dengan penemuan konsep modern oleh insinyur-insinyur dari Bell Labs pada tahun 1947. Mereka menemukan konsep penggunaan telepon hexagonal sebagai dasar telepon seluler. Namun, konsep ini baru dikembangkan pada 1960-an.

 

 Generasi I (Era- 1G)

Description: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/f/ff/Ponsel1973.jpg/220px-Ponsel1973.jpg

Description: https://bits.wikimedia.org/static-1.22wmf1/skins/common/images/magnify-clip.png
Telepon genggam generasi 1G
Telepon genggam generasi pertama disebut juga 1G. 1-G merupakan telepon genggam pertama yang sebenarnya. Tahun 1973, Martin Cooper dari Motorola Corp menemukan telepon seluler pertama dan diperkenalkan kepada public pada 3 April 1973. Telepon seluler yang ditemukan oleh Cooper memiliki berat 30 ons atau sekitar 800 gram. Penemuan inilah yang telah mengubah dunia selamanya. Teknologi yang digunakan 1-G masih bersifat analog dan dikenal dengan istilah AMPS. AMPS menggunakan frekuensi antara 825 Mhz- 894 Mhz dan dioperasikan pada Band 800 Mhz.
Kekurangan: Masih bersifat analog, sistem yang digunakan bersifat regional (area yang masih terbatas), ukurannya yang terlalu besar untuk dipegang oleh tangan dikarenakan keperluan tenaga dan performa baterai yang kurang baik, masih memiliki masalah dengan mobilitas pengguna pada saat melakukan panggilan.

Generasi II (Era- 2G)

Description: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/c/cc/Ponsel1996.jpg/220px-Ponsel1996.jpg
Description: https://bits.wikimedia.org/static-1.22wmf1/skins/common/images/magnify-clip.png
Telepon genggam tahun 1996
Generasi kedua atau 2-G muncul pada sekitar tahun 1990-an. 2G di Amerika sudah menggunakan teknologi CDMA, sedangkan di Eropa menggunakan teknologi GSM (900 Mhz dan 1800 Mhz). Dengan frekuensi tersebut, GSM memiliki kapasitas pelanggan yang lebih besar. Pada generasi 2G sinyal analog sudah diganti dengan sinyal digital. Penggunaan sinyal digital memperlengkapi telepon genggam dengan pesan suara, panggilan tunggu, dan SMS. Telepon seluler pada generasi ini juga memiliki ukuran yang lebih kecil dan lebih ringan karena penggunaan teknologi chip digital. Ukuran yang lebih kecil juga dikarenakan kebutuhan tenaga baterai yang lebih kecil. Keunggulan dari generasi 2G adalah ukuran dan berat yang lebih kecil serta sinyal radio yang lebih rendah, sehingga mengurangi efek radiasi yang membayakan pengguna.
Description: https://bits.wikimedia.org/static-1.22wmf1/skins/common/images/magnify-clip.png

Generasi III (Era- 3G)

Generasi ini disebut juga 3G yang memungkinkan operator jaringan untuk memberi pengguna mereka jangkauan yang lebih luas, termasuk internet sebaik video call berteknologi tinggi. Dalam 3G terdapat 3 standar untuk dunia telekomunikasi yaitu Enhance Datarates for GSM Evolution (EDGE), Wideband-CDMA (WCDMA), dan CDMA 2000. Kelemahan dari generasi 3G ini adalah biaya yang relatif lebih tinggi, dan kurangnya cakupan jaringan karena masih barunya teknologi ini. Tapi yang menarik pada generasi ini adalah mulai dimasukkannya sistem operasi pada ponsel sehingga membuat fitur ponsel semakin lengkap bahkan mendekati fungsi PC. Sistem operasi yang digunakan antara lain Symbian, Android dan Windows Mobile.

Generasi IV (Era- 4G)

Generasi ini disebut juga Fourth Generation (4G). 4G merupakan sistem ponsel yang menawarkan pendekatan baru dan solusi infrastruktur yang mengintegrasikan teknologi nirkabel yang telah ada termasuk wireless broadband (WiBro), 802.16e, CDMA, wireless LAN, Bluetooth, dan lain-lain. Sistem 4G berdasarkan heterogenitas jaringan IP yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan beragam sistem kapan saja dan di mana saja. 4G juga memberikan penggunanya kecepatan tinggi, volume tinggi, kualitas baik, jangkauan global, dan fleksibilitas untuk menjelajahi berbagai teknologi berbeda. Terakhir, 4G memberikan pelayanan pengiriman data cepat untuk mengakomodasi berbagai aplikasi multimedia seperti, video conferencing, online game, dan lain-lain.





4.      Kelebihan dari OS- pada mobile phone
--  iOS
 
 Kelebihan:
- Sulit terserang Virus.
- User Friendly.
- Memiliki tampilan yang bagus.
- Tersedia aplikasi yang bagus. anda dapat mendowload nya di iTunes menggunakan acoount iTunes free atau berbayar yang anda miliki.
- ukuran memory internal yang cukup besar. 8GB, 16GB, 32GB, 64GB.
- UpGrade FW yang relatif mudah.
  • Kekurangan:
- Harga relatif mahal.
- Memory yang tersedia tidak bisa ditambah sesuai keinginan kita.
- Tampilannya tidak bisa diubah-ubah sesukai hati. kecuali iPod anda sudah di hack. namun itu melanggar hukum. jika diketahui oleh pihak apple, maka garansi anda akan hilang.
- Membuat anda lupa waktu, karena gamenya bagus, sangat menyenangkan, dan banyak.
- kualitas suara yang dihasilkan speaker outputnya sangat kecil

-- Windows Phone (v. 8)
  • User Interface bagus, tampilan Modern UI dengan Live Tile di Windows Phone 8 yang sangat menggoda.
  • Start Screen yang bisa dikustomisasi sesuai keinginan
  • Multitasking, lebih mudah berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain. People, aplikasi yang menggabungkan semuanya menjadi satu. Dengan membuka aplikasi ini, update terbaru daru teman facebook, twitter, dan linkedin akan ditampilkan secara bersamaan. Lumanyan membantu untuk orang yang sering ngeksis di jejaring sosial seperti saya ini Description: :Dhehehe
  • Notifikasi dalam satu tempat, mempermudah untuk mengaksesnya. Pengguna Windows Phone 8 tidak perlu membuka aplikasi Facebook, Twitter, dan Linkedin satu persatu untuk melihat notofikasi, karena semuanya telah dikumpulkan dalam satu tempat dan akan ditampilkan juga di Live Tiles.
Kekurangan Windows Phone 8
  • Tidak adanya notification center yang mudah diakses. Jika di Android dan beberapa sistem operasi lain, user dimudahkan untuk melihat notifikasi dengan menarik menu bar ke bawah, di Windows Phone 8 ini semuanya dikumpulkan di Start Screen, sehingga untuk melihatnya user harus meminimize aplikasi yang sedang dibuka, dan kembali ke Start Screen.
  • Pilihan aplikasi yang masih sedikit. Koleksi aplikasi yang tersedia di Windows Phone store masih sangat minim karena Windows Phone 8 merupakan sistem operasi yang sangat baru.
  • Update aplikasi yang sedikit agak lama dibanding OS yang lain. Karena pengguna Windows Phone terbilang kalah jauh dibanding Android dan iOS, para developer biasanya akan mendahulukan update aplikasi di kedua OS besutan Google dan Apple tersebut, barulah update untuk Windows Phone 8 akan dikeluarkan. (sumber)

--  Symbian
User friendly dan responsif saat di-input data. Web TV, Real multitasking, multiple Homescreen, dan USB OTG (USB On The Go). USB OTG menyediakan fasilitas bgi pengguna smartphone berbasis symbian 3, misalnya Nokia N8 untuk mengakseslangsung file-file yang tersimpan di dallam hard disk eksternal USB , USB Flash Drive(UFD), atau smartphone lainnya(jika di assign sebagi media storage).

Kekurangan : Pengguna yang sehari-hari menggunakan smartphone ini pasti akan sedikit mengeluhkan navigasi menun yang kurang praktis dan kadang sulit dipahami (nama menu yang terlalu disingkat). Selain itu, panduan saat bernavigasi di interface-nya pun minim. Performa browser dan keyboard layar sentuhnya yang standar juga merupakan salah satu kelemahan lainnya

--- Android

Kelebihan:

>>  Banyaknya aplikasi yang disediakan oleh android (via Playstore) untuk didownload oleh user, baik Free ataupun yang Fee...



>>  Tampilan tema yang tidak menjemukkan, biasanya di handphone Android disebut dengan Launcher.

>>  Dan masih banyak kelebihan android lainnya yang masih tersembunyi, termasuk juga didalamnya, terdapat bugs untuk internetan gratis via server VPN Droid, dll.

>>  Bisa menjadi hotspot / media untuk menyediakan koneksi internet bagi perangkat lain yang memiliki Wi-fi.

>>  Layar yang besar dan ketajaman warna. (tergantung vendor hp tsb)

Kekurangan:

>>  Penyimpanan Aplikasi yang default ke memori telepon, jika ingin di move ke SD Card, harus diroot dan menggunakan Link2SD. Dampak dari root salah satunya bisa menghilangkan garansi resmi pembelian.
>>  Baterai boros. Masalah ini bukan hanya terjadi di android saja, namun saya sering mendengar banyak orang yang mengatakan bahwa android adl OS yang paling boros dalam hal pulsa dan daya.. Itu memang karena ponsel android memiliki fitur multitasking sama halnya dengan smarthpone lainnya. Untuk mengantisipasinya bisa menggunakan aplikasi pihak ke-3, contohnya seperti juice defender.




0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini, dan gunakanlah bahasa yang sopan,,,