Welcome in my Blog Keep Enjoy to read

Tuesday 23 April 2013

Laptop Overheat tanpa sebab

Hai sobat semua, kali ini saya akan sharing tentang masalah yang pernah dialami oleh laptop saya yakni overheat-ing tanpa sebab.. Segala cara sudah saya lakukan bahkan sampai cara terakhir yakni instal ulang.. tidak sampai disitu saya juga harus mendownload driver untuk lepi hp-430 saya ini,, wuhh ngeselin kan, hanya karena over heating saya harus merelakan semua data “download”-an yang saya simpan di “drive C” lenyap.. untuk mencari/mendiagnosa penyakit apa yang lepi saya derita ini saya coba browsing dan menjelajah beberapa blog lwt google. Alhasil ada yang berhasil, namun gitu lagi. Sempat geram akhirnya saya download semua referensi hasil jelajah saya dan saya akan merangkum dan menjelaskannya kepada sobat semua,, ok cekidot:

1.       1.  Windows recovery (Memulihkan data sebelumnya)
Pada step/langkah pertama ini, bagi teman2 yang mengaktifkan pengaturan windows backup-nya, pengaturan dan software yang disimpan saat backup akan terlindungi. Salah satu penyebab over heating bisa disebabkan karena gagalnya proses instalasi yang mengakibatkan software yang kita instal mencari bagian yang hilang/rusak yang bisa meng “Over”kan kerja sistem sehingga proses eksekusi menjadi lambat.
Nah, tujuan dari memulihkan ini bisa me”restore” data yang sebelumnya yang telah ter “cover”.

2.     2.    Download sk Avir, dari Kaspersky Laboratory (Worked di win 7)

         Cara ke-2 ini merupakan cara yang “ampuh banget” menurut saya,,, karena bisa mengubrak-abrik penyebab lepi over heating, namun tdk semua masalah bisa teratasi dengan “cmd” ini... menggunakannya cukup mudah. Download, kemudian open dengan klik kanan > Run administrator” dan tunggu prosesnya hingga restart sendiri.

(jika berhasil, berarti komputer-mu terserang oleh virus jenis “worm”/ Recyler)


3.     3.  Instal ulang OS

Cara ke-3 ini merupakan langkah yang paling beresiko.. bukan apa2 melainkan bagi kalian yg pke OS Windows, kalian harus merelakan data di drive C terutama file instalan yang sudah terinstal di C:\program files, lenyap.. Kalian bisa mengatasinya dengan mem- backupnya ke HD eksternal atau gk ke drive D..

4.   Uninstal aplikasi yg mencurigakan, eneble task manager

Nah langkah terakhir ini saya lakukan ketika saya selesai instal ulang win 7. Karena aneh rasanya, baru diinstal ulang dah over heating lagi. Ya sudahlah saya coba cari permasalahnnya.. ternyata sistem saya prosesnya sampai hampir 100%, parahh kan?? Ya sudah saya cari “program” apa yang menyebabkan lepi saya begini. Saya tidak menduka sebelumnya, ternyata sumber masalahnya ada di software utility yang tugasnya menjaga lepi kita agar lebih ringan kinerjanya, menghapus proses software yg tidak diinginkan dll.. sotware itu adl “tuneup utility+serial key” yg saya download via blog di mbah google. Oleh karena itu sobat, cek software yg kalian download dri internet sebelum kalian menginstaknya. Kalau toh masih jebol juga, udh di tanganin sm 4 langkah diatas. Mungkin kipas lepi kalian yg bermasalah, CMIWW... ;-)

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini, dan gunakanlah bahasa yang sopan,,,